Friday, March 16, 2018

Besi dalam Beton

Mengapa harus ada baja tulangan di dalam beton (besi beton) ?
Bangunan di sekitar kita lazim menggunakan beton sebagai struktur utamanya, pernahkah kita meneliti lebih dalam, mengapa harus ada besi tulangan yang ditanam di dalam struktur beton? Beton memiliki kekuatan menahan gaya tekan yang besar, akan tetapi tidak cukup kuat untuk menahan gaya tarik. Oleh sebab itu untuk menahan gaya tarik tulangan baja ditanam di dalam beton untuk menahan gaya tarik. Kombinasi beton dan tulangan baja ini bisa menahan gaya yang cukup besar yang disebabkan oleh adanya beban vertikal seperi beban sendiri struktur, beban hidup manusia yang menempati bangunan, beban angin maupun beban horisontal karena gempa.

Bagaimana kerja tulangan baja dalam beton?
Tulangan baja bersifat sangat ulet membantu menahan gaya tarik selama adanya beban vertikal maupun horisontal karena aktivitas seismik. Beton memiliki kekuatan tekan yang sangat baik namun tidak memiliki kemampuan untuk melebar atau melentur, mengakibatkan adanya retakan. Dalam suatu balok beton, tulangan baja diletakkan di setiap sudut balok. Adanya beban vertikal akan mengakibatkan terjadinya tarikan pada daerah tumpuan dan tengah bentang ( lapangan ) karena itu jumlah tulangan baja pada daerah tersebut lebih besar, berfungsi menahan gaya tarikan tadi.

Mengapa harus dikombinasikan antara beton dan baja?
Beton bisa membuat ikatan yang kuat dengan tulangan dan baja, mudah dikerjakan dan digunakan pada lokasi konstruksi. Kombinasi beton dan baja biayanya lebih terjangkau bila dibandingkan apabila hanya menggunakan struktur baja seluruhnya.






No comments: